Universitas Islam Jember

Yudisium Fakultas Hukum, Dekan Ingin Mahasiswa Kembangkan 3C

KRITIS: Dekan Fakultas Hukum Supianto, memberikan arahan kepada peserta yudisium./ Foto: Sugeng Hadi Wijaya

HUKUM, www.uij.ac.id – Fakultas Hukum Universitas Islam Jember (UIJ) melaksanakan Yudisium Sarjana Strata 1 Tahun 2023. Dalam pelaksanaan tersebut, Dekan Fakultas Hukum rupanya menginginkan mahasiswa lulusannya itu mengembangkan 3C, yakni Critical Thinking, Communication, dan Collaboration.

Dekan Fakultas Hukum Supianto menjelaskan dalam sambutannya, 3C yang pertama ialah critical thinking atau berfikir kritis. Menurutnya, di dalam kehidupan masyarakat banyak problem hukum yang dihadapi. Namun, sebagai lulusan sarjana hukum mahasiswa harus lebih berorientasi terhadap solusi yang akan diberikan. “Solusi bukan problemnya, makanya critical thinking bagi sarjana hukum sangat penting,” paparnya.

Selanjutnya, Communication atau kemampuan berkomunikasi. Ia mengatakan, bagaimanapun kemampuan, kepuasan terhadap materi hukum, tetapi kemampuan berkomunikasi kurang baik, maka itu tidak bisa dikatakan berkontribusi di dalam sarjana hukum. Dan yang terakhir adalah Collaboration, mahasiswa harus berkolaborasi dengan masyarakat. “Masih butuh ilmu-ilmu yang lain,” jelasnya.

Supianto berpesan, mahasiswa tidak boleh merasa tinggi hati atas kemampuan ilmu hukum yang mereka punya. Sebab, di masyarakat praktik hukum juga masih membutuhkan ilmu-ilmu yang lain. Oleh karenanya, mahasiswa lulusan UIJ harus mempunyai kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi dengan sarjana-sarjana lain. “Harus lebih berkembang,” pungkasnya.(*)

Reporter: St. Sholeha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x