Universitas Islam Jember

Siapkan untuk Tingkat Nasional, UIJ Gelar MTQ 2023

SEMANGAT: Peserta lomba MTQ UIJ 2023 saat mengikuti pembukaan lomba di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Rabu (1/3). / Foto: Sugeng Hadi Wijaya

MTQ, www.uij.ac.id – Universitas Islam Jember (UIJ) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) 2023 untuk mahasiswa. Kegiatan itu berlangsung di Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Rabu (1/3).

Pasalnya menurut Kabag. Kemahasiswaan dan Alumni Ach. Ilyasi, kegiatan ini disiapkan untuk lomba-lomba tingkat nasional. Karena selama ini kata dia, perguruan tinggi yang berjuluk Kampus Aswaja ini selalu mendulang prestasi bidang yang sama. “Kita filter dulu di tingkat kampus dengan berbentuk lomba,”

Dia menjelaskan ada 11 kategori musabaqah yang dilombakan. Seperti, Musabaqah Tilawatil Qur’an (Putra/Putri), Musabaqah Tartilil Qur’an (Putra/Putri), Musabaqah Hifdzil Qur’an (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz), Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an (Kontemporer/Dekorasi), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an, Musabaqah Desain Aplikasi Al Qur’an, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al Qur’an dalam Bahasa Inggris, Musabaqah Nasyid, dan Musabaqah Pembacaan Sholawat Nabi.

Sementara itu, Wakil Rektor I Moh. Qurtubi mengatakan bahwa cara yg seperti ini merupakan bagian dari membumikan Al Quran. Karena dengan ini juga bisa memperluas dakwah Al-Quran. “Kegiatan seperti ini perlu digalakkan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Dia mengatakan hal semacam ini juga bagian dari melestarikan Al Quran. Tidak hanya itu, menurutnya ini juga merupakan kegiatan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa. “Siapa lagi kalau bukan kita yang mau melestarikan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x