Universitas Islam Jember

UIJ Kembangkan Bakat Mahasiswa Melalui Lomba MTQ

SEMANGAT: Peserta MTQ UIJ 2023 di Aula Miftahul Ulum UIJ Kampus I./ Foto: Sugeng Hadi Wijaya

MTQ, www.uij.ac.id – Universitas Islam Jember (UIJ) terus berupaya mengembangkan bakat mahasiswanya. Kali ini UIJ kembangkan kemampuan mahasiswa melalui lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang berlangsung di Aula Miftahul Ulum, Rabu (1/3).

Wakil Rektor I Moh. Qurtubi mengatakan, lomba tersebut merupakan sebuah event yang dilakukan untuk menyeleksi kader-kader terbaik dan memiliki skill dalam bidang MTQ. “Agar mahasiswa punya skill dalam hal yang berkaitan dengan MTQ,” ujarnya seusai kegiatan.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya kegiatan itu, mahasiswa bisa semakin memahami dan mengembangkan nilai-nilai yang ada di dalam Al Qur’an. Selain itu, menurutnya, mahasiswa harus mempunyai rasa greget untuk menggali potensi tersebut. “Jadi kita sama-sama bagaimana UIJ, Al Qur’an ini bisa dikembangkan,” imbuhnya.

Oleh karenanya, pihaknya menginginkan mahasiswa menggali nilai-nilai Al Qur’an tidak hanya saat pembelajaran saja, seperti mengembangkan Baca Tulis Al Qur’an (BTA) dalam program studi (prodi)-nya. Namun, mahasiswa juga harus mengikuti lomba-lomba seperti MTQ. “Setidaknya dalam bentuk mengikuti kegiatan lomba itu ada kreatifitas untuk menggali nilai-nilai luhur yang ada di dalam Al Qur’an,” jelasnya.

Dia juga menuturkan, saat ini pihaknya menargetkan kegiatan itu hanya di lingkungan universitas saja. Sebab, pada kegiatan tersebut ia dapat mengetahui kapasitas dan kuantitas bakat mahasiswa. Sehingga, setelah menemukan mahasiswa yang benar-benar memiliki potensi di bidang tersebut, ia akan mendorong dan mendukung mahasiswa itu untuk meningkatkan potensi di luar lembaga. “Tentu kita di tingkat univ dulu, tingkat wilayah, kemudian tingkat nasional,” tuturnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan, UIJ akan melakukan kegiatan MTQ setiap tahun. “UIJ sudah mengembangkan agar kegiatan MTQ ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” pungkasnya.(*)

Reporter: St. Sholeha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x