Universitas Islam Jember

Mentoring Mahasiswa P2MW, Mentor: Harus Sesuai Realita

Khusnul Khotimah salah satu mentor P2MW 2023 di Universitas Islam Jember (UIJ). (*) Fotografer: Beby Alfin Naby

P2MW, www.uij.ac.id – Mentoring yang dilakukan kepada mahasiswa Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) ialah untuk menekankan agar apa yang mereka tulis harus sesuai dengan realita yang ada. Hal itu dikatakan oleh, Khusnul Khotimah salah satu mentor P2MW 2023 di Universitas Islam Jember (UIJ).

Kata dia, hal-hal yang ia tekankan kepada mahasiswa saat menjadi mentor ialah diantaranya, apa yang dituliskan harus sesuai dengan realita, usaha memang benar-benar urgent dan perlu dipublish, serta kelebihan dari usaha. Mentor dari usaha budidaya ikan ini menjelaskan, proses awal yang telah dilakukan adalah hanya pembersihan lahan saja. Selain itu, ia juga mengaku telah membahas alokasi anggaran untuk kedepannya. “Menatap sisi keuangannya,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Ia juga akan menyampaikan materi-materi terkait proposal yang dibuat oleh kelompok mahasiswa yang lolos P2MW. Dia juga akan membenahi beberapa hal yang menurutnya masih kurang tepat dalam Bisnis Model Canvas (BMC) yang telah dibuat. “Saya sudah siapkan materinya terkait dengan proposalnya, nanti pembudidayaanya seperti apa, pakan yang bagus seperti apa,” jelasnya.

Dia menyampaikan, mahasiswa P2MW ini sangat perlu di mentoring agar mereka tau lebih dalam lagi terkait tata cara pengelolaan, sasaran, dan pengembangan. “Oh ternyata budidaya yang bagus seperti ini, ternyata sekmen pasarnya itu seperti ini, kayak gitu,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berharap mahasiswa yang lolos P2MW ini tidak hanya berhenti sampai proses pelaporan selesai saja, namun usaha yang mereka lakukan bisa berkelanjutan. “Mohon dilanjut, jangan berhenti saat proses pelaporan saja,” pungkasnya.(*)

(*) Reporter: St. Sholeha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x