Universitas Islam Jember

PKKMB Fakultas Hukum, Dekan Sebut Itu Hal Penting

Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Jember (UIJ) saat memberikan arahan kepada mahasiswa baru. / Sumber foto istimewa

HUKUM, www.uij.ac.id – Mengenalkan keadaan kampus sebelum memulai perkuliahan kepada mahasiswa baru sudah menjadi hal yang lumrah di setiap fakultas. Biasanya, pengenalan tersebut dilakukan dalam beberapa tingkatan, dari tingkat universitas, fakultas, dan program studi (prodi). Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Fakultas Hukum Universitas Islam Jember (UIJ) merupakan hal penting yang harus digelar. Hal itulah yang dikatakan Dekan Fakultas Hukum, Supianto.

Menurutnya, PKKMB Fakultas Hukum sangat penting dilakukan, sebab mahasiswa barunya perlu mengetahui bahwa suasana akademik dan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi sangat berbeda dengan pembelajaran ketika masih di sekolah menengah. “Mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai kegiatan pembelajaran dan suasana akademik di lingkungan fakultas hukum sangat penting,” ujarnya saat diwawancarai, Kamis (24/8).

Oleh karena itu, ada berbagai materi yang disampaikan dalam PKKMB Fakultas Hukum. Diantaranya adalah, sejarah dan perkembangan fakultas hukum, perkenalan struktur pimpinan di fakultas hukum, pengenalan kegiatan akademik, pengisian siakad dan KRS, pengenalan program studi, strategi belajar di perguruan tinggi dan pengenalan organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas dan prodi.

Supianto menghimbau kepada mahasiswa baru fakultas hukum, agar mempersiapkan diri dengan baik untuk memulai perkuliahan perdana yang akan dimulai pada 28 Agustus 2023 mendatang. Ia juga mengatakan, mahasiswa yang mengalami kesulitan maupun kendala dalam proses akademik dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik atau kepada ketua program studi. “Sebagai tindak lanjut dari PKKMB tingkat fakultas ini,” tuturnya.

Kendati demikian, dia berharap, setelah mengikuti PKKMB tingkat fakultas, mahasiswa sudah siap untuk memulai perkuliahan perdana dan bersedia memulai tahapan kehidupan baru sebagai mahasiswa yang penuh antusias, cerdas dan kritis. “Mahasiswa harus sudah siap segalanya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, peserta yang mengikuti PKKMB Fakultas Hukum ialah sebanyak 53 mahasiswa.

*Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x