Universitas Islam Jember

PKKMB FKIP Kenalkan Atmosfer Fakultas

Foto bersama peserta PKKMB FKIP dengan beberapa pejabat fakultas. / Sumber foto istimewa

FKIP, www.uij.ac.id – Seusai mahasiswa baru (maba) mengenal Universitas Islam Jember (UIJ) secara umum, maba tersebut masih harus dikenalkan secara khusus dan lebih mendalam lagi terkait ke-fakultas-an, supaya mereka betul-betul memahami sistematika yang ada di fakultas. Oleh karena itu, kata  Dekan FKIP, Sholahudin Al Ayyubi, pihaknya menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat fakultas.

Menurutnya PKKMB digelar di FKIP adalah untuk mengenalkan atmosfer yang ada di fakultas. Mahasiswa perlu mengetahui nuansa lingkungan yang ada di FKIP. “Pertama kita kenalkan kampus kita, adanya fakultas, yaitu FKIP,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (24/8).

Dia mengatakan, pada kegiatan tersebut mahasiswa diberi penjelasan terkait sejarah FKIP, perkembangan fakultas, perkenalan pimpinan dan ketua program studi (prodi) serta nama-nama pejabat yang pernah menjabat di FKIP. Selain itu, lanjutnya, juga dijelaskan tentang strategi pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi, sistem akademik di fakultas. “Pengenalan program studi dan pembagian DPA pengisian PDPT atau PDDIKTI dan KRS-an,” imbuhnya.

Maba sangat perlu diberi penjelasan tersebut, katanya, sebab mereka baru masuk di dunia kampus. Sehingga, harus memahami atmosfer kehidupan yang ada di lingkungan universitas, khususnya di fakultas. “Sebelumnya dia dari bangku sekolah dan ada perubahan dari siswa menjadi mahasiswa,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia menginginkan setelah mengikuti PKKMB ini mahasiswa dapat memahami dan mengenali seluruh hal-hal yang terkait dengan proses perkuliahan, baik itu secara akademik maupun non akademik. Ia juga berharap menjadi cikal bakal bagi maba untuk melaksanakan proses perkuliahan di UIJ. “Jadi entrypoin bagi mahasiswa baru,” pungkasnya.(*)

*Reporter: St. Sholeha / Editor: Sugeng Hadi Wijaya

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x