Universitas Islam Jember

LP2AN Menggelar Aswaja Aplikatif, Kepala: Mendasar tapi Penting

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Aswaja Aplikatif XII di Aula Ulum Kampus I UIJ, Rabu (4/10). *Fotografer: Sugeng Hadi Wijaya

LPPAN, www.uij.ac.idLembaga Pengkajian dan Pengembangan Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyah (LP2AN) Universitas Islam Jember (UIJ) menggelar Pelatihan dan Pendidikan Aswaja Aplikatif XII. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Ulum AA Kampus I UIJ, Rabu (4/10).

Kepala LP2AN Agus Zainudin menjelaskan bahwa di dalam Aswaja Aplikatif mahasiswa akan mengimplemantasikan amaliah-amaliah dasar. Seperti bagaimana bersuci yang benar, salat sesuai tuntunan fiqih, membaca Al-Quran yang baik dan benar, perawatan jenazah, tahlil serta amaliah lainnya.

“Mendasar tapi ini akan menjadi penting di tengah-tengah masyarakat, apalagi mahasiswa adalah kaum muda,” ujarnya saat diwawancarai usai kegiatan berlangsung.

Tidak hanya itu, pria yang juga Dosen Fakultas Tarbiyah ini mengatakan bahwa Aswaja Aplikatif wajib diikuti oleh mahasiswa sebelum lulus dari UIJ. Hal ini juga sebagai bentuk implementasi dari mata kuliah ke-aswaja-an. “Bekal untuk akhlak mereka di masyarakat nanti,” jelasnya.

Selain itu, dia menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Catur Dharma perguruan tinggi. “Dharma keempat, yaitu Dakwah Islam Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah,” pungkasnya.(*)

* Reporter: St. Sholeha / Editor; Sugeng Hadi Wijaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x