Universitas Islam Jember

FEBI Gelar Workshop pengisian SPT bersama Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember dan Soft Launching Tax Center

Foto bersama usai kegiatan Workshop pengisian SPT bersama Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember dan Soft Launching Tax Center FEBI UIJ. / Sumber foto istimewa

FEBI, www.uij.ac.id – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Jember (UIJ) menggelar workshop Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak. Kegiatan tersebut diselenggarakan bersama-sama dengan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember, kemarin (30/5) di Aula Kampus II UIJ.

Dekan FEBI Izzul Ashlah mengatakan bahwa membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara, baik orang pribadi atau badan usaha. Namun sebelum membayar pajak, lanjut dia, seharusnya melapor ke kantor pajak terlebih dahulu untuk mengisi SPT.  “Pengetahuan tentang hal tersebut perlu diketahui juga oleh mahasiswa agar bisa melakukan pendampingan,” ujarnya.

Menurutnya, pembayaran dan laporan pajak itu sangat dibutuhkan, sebab pendapatan negara 80% dari pajak. “Kalau menginginkan fasilitas publik baik maka kita harus punya kesadaran tentang pajak,” sambungnya.

Selain itu, kata dia, mengisi SPT itu tidak dikenakan pajak. Sebab yang dikenakan pajak itu kalau usaha sudah besar dan pendapatan juga sudah besar. “Kalau pendapatan dan usahanya masih kecil kemungkinan belum dikenakan pajak, misalnya UMKM,” tutur laki-laki yang juga sebagai Ketua PC GP Ansor Jember tersebut.

Sementara itu dia berharap agar mahasiswa nantinya bisa menjadi relawan pajak. “Kita manfaatkan Tax Center FEBI ini nantinya untuk asistensi siapapun,” pungkasnya.(*)

 

Editor: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x