Universitas Islam Jember

Dosen UIJ Lolos Program Kemitraan KDS

program Kemitraan Dosen LPTK dengan guru di Sekolah (KDS) bertempat di SDN Antirogo 4 Jember. *Sumber foto istimewa

DOSEN, www.uij.ac.id – Salah satu dosen Universitas Islam Jember (UIJ) lolos program Kemitraan Dosen LPTK dengan guru di Sekolah (KDS). Program tersebut merupakan program baru Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) yang berada di bawah naungan sumber daya pendidikan tinggi.

Dosen yang lolos KDS Siti Roudlotul Hikamah mengatakan, program tersebut merupakan kerja sama antara dosen yang mencetak calon guru dengan sekolah. Tujuan dari program KDS adalah menyelaraskan supaya dosen pencetak calon guru dapat mengembangkan sistem pendidikan ataupun program-program pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah. “Supaya nanti lulusannya itu bisa sudah sesuai dengan harapan sekolah,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, kemarin (21/7).

Pada program KDS ini, kata dia, disarankan untuk melibatkan mahasiswa. Jadi, pihaknya mengajak lima mahasiswa dari prodi pendidikan biologi. “Kita memang disarankan membawa minimal lima, maksimal 15,” tuturnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua LP2M ini menjelaskan, program KDS ini akan dilakukan selama empat bulan. Setiap bulannya, mereka harus melakukan minimial diskusi dan open class. Selain itu, di sekolah mereka juga merancang pembelajaran yang sesuai. “Kita observasi dengan sekolah, kita analisis kebutuhan di sekolah itu apa, karakter siswanya itu seperti apa,” katanya.

Open class yang dilakukan, lanjut dia, ialah sebanyak empat kali, yaitu tiga kali di sekolah, kemudian satu kali di perguruan tinggi. “Saya akan mengambil mata kuliah yang kira-kira bisa untuk open class,” tegasnya.

Dia berharap, dengan mengikuti program KDS ini, pihaknya dapat memperoleh salah satu informasi dari sekolah untuk diterapkan di perguruan tinggi, khususnya prodi pendidikan biologi, supaya calon guru dari prodi biologi sesuai dengan kebutuhan sekolah. “Mengerti secara umum kebutuhan guru seperti apa,” tandasnya.(*)

Reporter: St. Sholeha
Editor: Sugeng Hadi Wijaya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Konten dilindungi ...
0
Anda suka tulisan ini.? Silahkan komenx
()
x